KOMPAS.com - Samsung menyatakan permintaan maaf atas kesalahpahaman yang menyebabkan penulis blog (blogger)
India terancam tak bisa kembali ke rumah, setelah Samsung mengajaknya
ke pameran IFA 2012 di Berlin, Jerman, akhir Agustus lalu.
Blogger
itu adalah Clinton Jeff dari New Delhi. Sebelum berangkat ke Jerman,
Jeff menegaskan kepada Samsung bahwa dirinya akan bertugas sebagai
reporter, dan tidak melakukan promosi untuk sebuah perusahaan. Samsung
menyetujui kesepakatan itu.
Menurut cerita dari situs blog teknologi The Next Web,
beberapa pekan sebelum berangkat, para blogger diminta ukuran
pakaiannya oleh Samsung. Ternyata, setelah sampai di Berlin, mereka
disuruh mengenakan seragam dan menjaga stan Samsung untuk mempromosikan
produk kepada pers.
Jeff keberatan atas itu. Seorang perwakilan
Samsung dari India mengancamnya melalui telepon, "Anda dapat menjadi
bagian dari acara ini dan mengenakan seragam, atau Anda harus membeli
tiket sendiri untuk kembali ke rumah dan menanggung biaya hotel mulai
saat panggilan telepon ini ditutup."
Pihak Samsung mengatakan hal
yang mengancam Jeff di atas adalah kesalahpahaman. Samsung menyalahkan
koordinator Samsung Mob!lers yang mengundang para blogger teknologi dari India.
Berikut isi pernyataan tertulis Samsung, seperti dikutip dari situs web teknologi CNet, Senin (3/9/2012).
Samsung Mob!lers merupakan komunitas sukarela pengguna aktif perangkat mobile
Samsung, yang menawarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan
promosi Samsung di seluruh dunia. Dalam konteks ini, semua kegiatan yang
mereka lakukan adalah atas dasar sukarela. Tidak ada kegiatan yang
dipaksakan dari mereka.
Kami menyesali adanya kesalahpahaman antara koordinator Samsung Mob!lers dengan blogger yang bersangkutan, seperti yang kami ketahui dia tidak cukup diberi arahan tentang sifat kegiatan Samsung Mob!lers di IFA 2012.
Kami menghormati kemerdekaan para blogger untuk mempublikasikan cerita mereka sendiri.
Namun, dalam sebuah email yang diterima The Next Web, perwakilan Samsung mengakui bahwa perusahaannya bersalah atas peristiwa yang menimpa Jeff.
Saya
ingin menghubungi Anda dan meminta maaf kepada Anda atas pengalaman di
IFA Berlin. Kami membuat Anda mengalami kesulitan yang tidak semestinya,
dan kami berusaha untuk memperbaiki situasi.Jeff pun
berhasil melewati kesulitan yang ia alami. Di akun Twitter-nya, Jeff
menulis, "Untuk semua orang yang bertanya, aku baik-baik saja, terima
kasih. Saya menginap di hotel, saya punya tiket untuk pulang, berkat
@nokia yang membantu saya pada menit-menit terakhir."
Sumber : Kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar